Solid Bela Palestina, Anak Muda Filipina Ramai-ramai Serukan Boikot Israel

Anak Muda Filipina Serukan Boikot Israel Bergabung dengan Gerakan Global

eramuslim.com – Para penyelenggara mahasiswa di kampus-kampus di Filipina menyerukan boikot budaya dan akademis terhadap Israel dan Zionis, saat mereka bergabung dengan gerakan global untuk mendukung Palestina.

Para pemimpin mahasiswa dan aktivis pro-Palestina dari berbagai universitas di Filipina telah memobilisasi rekan-rekan mereka selama berbulan-bulan untuk meningkatkan kesadaran tentang perang Israel di Gaza dan mengorganisir unjuk rasa solidaritas dengan Palestina.

Anak muda Filipina menyoroti perjuangan pembebasan Palestina dan kemiripannya dengan sejarah serta pengalaman negaranya selama pendudukan dan kolonialisme. Mereka berharap dapat melibatkan lebih banyak orang dan menginspirasi tindakan kolektif lebih lanjut di komunitas mereka.

“Pemuda dan mahasiswa Filipina menyadari bahwa perjuangan (Palestina) melawan kolonialisme pemukim sama dengan sejarah kolonial di Filipina, dan bahwa kami melihat perjuangan yang sama dengan Palestina saat ini, yaitu imperialisme AS,” kata mahasiswa penyelenggara Raphael Jourvy Gavino kepada Arab News.

Rakyat Filipina menderita akibat penjajahan Spanyol selama lebih dari 300 tahun, dari 1565 hingga 1898, dan penjajahan Amerika selama hampir lima dekade dari 1898 hingga 1946. Meskipun telah merdeka, para aktivis mengatakan bahwa Filipina hingga saat ini masih merupakan “semi-koloni” AS, dengan alasan ketergantungan negara Asia Tenggara tersebut pada AS dalam bidang ekonomi dan militer.

Gavino, yang kuliah di Universitas Politeknik (PUP) milik pemerintah Filipina, adalah salah satu penggagas inisiatif PUP untuk Palestina. Sekolahnya dikenal karena aktivisme mahasiswanya dan merupakan perguruan tinggi terbesar di negara ini dalam hal jumlah penduduk.

“Ribuan mahasiswa PUP berpartisipasi secara virtual dan menyuarakan dukungan mereka terhadap warga Palestina dalam perjuangan mereka melawan genosida dan apartheid Israel, serta menyerukan keadilan,” katanya.

“Menunjukkan solidaritas dan dukungan terhadap Palestina adalah hal yang penting bagi para pelajar dan khususnya warga Filipina karena kita tidak bisa hanya berdiam diri sementara ribuan pelajar, anak-anak, dan wanita dibantai di depan mata kita.”

Serangan darat dan udara Israel dalam sembilan bulan terakhir telah menewaskan lebih dari 39.000 warga Palestina di Gaza, menurut perkiraan resmi. Sementara sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Lancet bulan ini memperkirakan bahwa jumlah korban tewas sebenarnya dapat mencapai lebih dari 186.000 korban.

Pasukan Israel juga telah menghancurkan sekolah, universitas, dan rumah sakit di seluruh Jalur Gaza.

“Tidak ada satu pun lembaga pendidikan di negara ini yang boleh berhubungan dekat dengan negara yang mengabaikan masa depan anak-anak dengan mengebom sekolah dan universitas mereka,” imbuh Gavino.

Bagi mahasiswa di Universitas Ateneo de Manila, salah satu perguruan tinggi terbaik di negara itu, menunjukkan dukungan terhadap Palestina adalah hal yang penting.

“Penting bagi kita, terutama sebagai mahasiswa, untuk bergabung dengan seruan global demi pembebasan dan penghentian segera genosida demi mencapai perdamaian yang adil dan abadi karena inilah dunia yang akan kita warisi,” tutur Action for Peacekeeping (A4P) kepada Arab News dalam sebuah pernyataan.

Kelompok tersebut mengatakan bahwa mereka terinspirasi oleh keberanian dan tekad para mahasiswa di luar negeri, yang telah mendirikan perkemahan di universitas mereka masing-masing dan menyerukan divestasi dari “agen genosida”.

“Tujuan kami adalah mencari tahu hubungan universitas kami sendiri, jika memang ada hubungan seperti itu, dan menyerukan agar hubungan itu segera diakhiri,” kata A4P.

“Kami juga ingin menyerukan boikot budaya dan akademis oleh universitas-universitas kami di serta sumber-sumber Zionis. Sebaliknya menjunjung tinggi serta mendukung lembaga-lembaga akademis dan budaya Palestina, mengadvokasi perdamaian yang adil dan abadi dengan dukungan tegas terhadap tujuan pembebasan nasional.”

Kelompok Ateneo, yang memiliki lebih dari 5.000 pengikut di Facebook, juga mengecam pemerintah Filipina karena menyalurkan “miliaran peso dalam bentuk kesepakatan senjata” ke perusahaan-perusahaan Israel, termasuk Elbit Systems, Rafael Advance Defense Systems dan Israel Shipyards, serta pemerintah Israel.

“Senjata pemusnah massal ini juga digunakan untuk melakukan kekerasan terhadap masyarakat adat di Filipina, dan tindakan represif negara terhadap warganya sendiri,” kata A4P.

Di Far Eastern University Manila, para pemimpin mahasiswa pada bulan Juni mendirikan inisiatif Tamaraws untuk Palestina, yang sejauh ini telah mengorganisir rapat umum, pengumpulan dana, dan mengadakan sesi diskusi pendidikan di kampus.

“Sebagai orang Filipina, terorisme yang terjadi di Palestina bukanlah hal baru bagi kami karena kami juga pernah mengalami penjajahan dan ancaman dari banyak negara, seperti Spanyol, Amerika, dan Jepang. Bahkan sekarang, dari Tiongkok karena tindakan agresif mereka di (Laut Cina Selatan),” kata Kyla Mae Alzado, wakil ketua Tamaraws for Palestine, kepada Arab News.

“Kita masih ditindas oleh negara lain dan terancam di negara kita sendiri. Palestina saat ini berada dalam situasi ini dan sebagai bangsa yang memahami dan saat ini berada dalam situasi ini, kita harus berdiri dalam solidaritas dengan mereka.”

Salah satu fokus utama mereka adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Filipina yang lebih luas tentang kekerasan yang terjadi di Gaza. “Apa yang ingin kami capai melalui organisasi kami adalah memperluas dan mendapatkan lebih banyak aksi kolektif, yang dapat memperkuat suara kaum tertindas,” kata Alzado.

“Yang terpenting, kami berharap seruan kami untuk hak-hak warga Palestina dapat membantu mendukung pembebasan mereka.”

(Sumber: Inilah)

Beri Komentar