Situasi Memanas, Militer Ukraina Terobos Masuk ke Wilayah Rusia untuk Pertama Kalinya

eramuslim.com – Presiden Volodymyr Zelensky pada Sabtu (10/8) mengakui Militer Ukraina sudah masuk ke wilayah kedaulatan Rusia di sekitar Kursk. Zelensky sempat bungkam perihal pergerakan tentara Ukraina.

“Tindakan militer yang sedang berlangsung untuk menekan perang menuju wilayah agresor,” ucap Zelensky seperti dikutip dari Associated Press.

Pasukan Ukraina mulai masuk ke wilayah Rusia sejak awal pekan lalu. Ini merupakan gerakan terbesar pasukan Ukraina sejak operasi militer Rusia ke negara tetangganya itu, diluncurkan pada 24 Februari 2022.

Laporan kantor berita Rusia, Tass, pasukan Moskow terlibat pertempuran dengan Ukraina di kawasan Tolpino, Zhuravli dan Obshchy Kolodez. Tolpino berada di 15 kilometer dari perbatasan Ukraina dan Rusia.

Pada Minggu (11/8), tentara Rusia mengevakuasi warga sipil berada di perbatasan Ukraina. Para warga kini ditempatkan ke sejumlah tenda di Kursk.

Sementara itu, menurut keterangan penasihat kepresidenan Ukraina, mereka merahasiakan pergerakan tentaranya sampai misi itu sukses. Mereka percaya dengan aksi tentara di tanah Rusia maka akan memperkuat posisinya dalam negosiasi perang.

Tindakan Ukraina yang masuk sejumlah kota di perbatasan memicu kemarahan pihak Rusia.

“Ukraina sangat mengerti bahwa serangan terbarunya dari sudut pandang militer sangat tak masuk akal,” ujar jubir Kemlu Rusia Maria Zakharova.

“Rezim Kiev terus melanjutkan aktivitas terorisme dengan satu tujuan untuk mengintimidasi populasi penduduk Rusia yang damai,” sambung dia.

(Sumber: Kumparan)

Beri Komentar