Siapkan Sanksi, Dewan Keamanan PBB Dukung Pemerintahan Abed Rabbo Mansour Hadi Di Yaman

presiden HadiEramuslim – Dewan Keamanan PBB akhirnya pada hari Minggu (22/03) kemarin dengan suara bulat mengeluarkan deklarasi yang menegaskan dukungan kepada Presiden Abed Rabbo Mansour Hadi sebagai pemerintah sah di Yaman.

Dalam pertemuan darurat yang diselenggarakan di kotta New York pada akhir pekan kemarin menyatakan bahwa 15 anggota DK PBB menegaskan dukungan mereka kepada Presiden Abed Rabbo, dan memintanya untuk komitmen terhadap persatuan Yaman.

Pertemuan juga menyinggung sanksi terhadap kelompok Syiah Houthi Yaman, akan tetapi belum menentukan jenis sanksi apa yang akan dijatuhkan.

Sementara itu di hari yang sama, kelompok Syiah Houthi dengan pemerintahan ilegalnya mengangkat Mayor Jenderal Hussein Hadi Naji sebagai Menteri Pertahanan, menggantikan Jenderal Mahmoud Subaihi yang dicopot oleh kelompok Syiah tersebut.

Tercatat sejak berhasil merebut ibukota Sana’a dan memaksa Presiden Hadi untuk mengundurkan diri pada 22 Januari lalu, kelompok Syiah Houthi juga menyerukan kelompok dan suku-suku Sunni di wilayah selatan Yaman untuk mendukung pemerintahan Syiah.

Perlu diketahui bahwa Presiden Hadi kini tetap menjalankan tugas pemerintahan dari wilayah selatan Yaman, setelah mendapat dukungan dan baiat dari suku-suku disana. (Rassd/Ram)