Siang Ini Ribuan Buruh Depok Akan Geruduk Jakarta, Solidaritas PHK Massal

Eramuslim.com – Ribuan buruh terancam kena pemutusan hubungan kerja (PHK) pascapenutupan sejumlah pabrik di Cikarang, Bekasi. Menanggapi hal itu, sejumlah buruh di Depok akan bergabung dengan buruh lainnya berunjuk rasa di Istana Negara, Jakarta hari ini.
Sekitar ratusan buruh asa Depok akan ikut bergabung ke Jakarta. Mereka akan menyampaikan rasa solidaritas terhadap kaum buruh yang terkena PHK.
“Besok (hari ini) kami demo ke Istana. Namun hanya perwakilan, mungkin masing-masing elemen 10 orang. Targetnya sih 100,” kata  Sekjen Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kota Depok Wido Pratikno di Depok, Jumat 5 Februari 2016.
buruhWido menambahkan, selain rasa solidaritas, buruh juga menuntut untuk menghapus sistem kerja kontrak (outsourcing) serta peninjauan kembali Peraturan Pemerintah (PP) nomor 78/2015 tentang Pengupahan.
“Solidaritas juga, dan PP 78 juga karena kami menolak. Sebab PP itu mengatur UMK ditetapkan berdasarkan upah 2015 ditambah inflasi dan pertumbuhan ekonomi,” tuturnya.
Untuk berunjuk rasa, buruh Depok telah berkonsolidasi menggelar rapat koordinasi pada Kamis 4 Februari. Buruh akan berangkat melalui Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) ataupun Kereta Rel Listrik (KRL). “Besok (hari ini) ada sebagian nebeng di mobil pribadi buruh lainnya ada juga yang memilih naik kereta,” kata Wido. (sindo)