Setelah Membawa Kabur Puluhan Pucuk Senjata, Komandan Pasukan Khusus Afghanistan Bergabung Dengan Kelompok Taliban

Afghan National Army soldiers keep watchSeorang komandan pasukan khusus militer Afghanistan dinyatakan membelot oleh pejabat keamanan di provinsi Kunar yang terletak disebelah timur Afghanistan, setelah menyatakan bahwa dirinya kini bergabung dengan gerakan bersenjata Taliban.

Komandan pasukan khusus yang bernama Munshof Khan, merupakan komandan tertinggi pasukan khusus Afghanistan di wilayah provinsi Kunar, ia dinyatakan telah melakukan pembelotan beserta 20 orang  pasukannya sejak perayaan hari raya Idul Adha yang lalu.

Selain melakukan pembelotan, Munshof Khan juga turut membawa sebuah truk Humvee yang berisi sarat dengan senjata dan peralatan berteknologi tinggi.

Menurut keterangan Gubernur Kunar,  Syaja’ Malik Jalal, “Khan memberikan liburan panjang kepada sebagian penjaga dan uang kepada penjaga lainya untuk pergi berbelanja, kemudian Khan membawa kabur sekitar 30 pucuk senjata, perangkat night vision dan sebuah kendaraan Humvee.”

Hal senada juga di ungkapkan jubir kelompok Taliban, Zubair Siddiqui, dalam keterangan resminya Zubair membenarkan bahwa  Khan telah bergabung dengan kelompoknya dan membawa sekitar 15 pucuk senapan dan perangkat berteknologi tinggi .

Provinsi Kunar merupakan salah satu daerah yang paling merepotkan dan tidak aman di Afghanista, sudah sejak lama pasukan keamanan pemerintah melakukan operasi keamanan untuk mencari pemimpin kelompo bersenjata Al Qaida dan Taliban, dengan melakukan kerjasama kepada para tetua suku jika membantu mereka memerangi kelompok bersenjata Afghanistan, akan tetapi upaya ini selalu menemui jalan buntu(skynewsarabia/lndk)