Tanggal 9 Ramadhan Dalam Lintasan Sejarah

ilustrasi pertempuran ZallaqahEramuslim – Tanggal Sembilan Ramadhan menjadi saksi penting sejumlah peristiwa yang mengubah sejarah Islam selama berabad-abad, dimana umat Islam saat itu berhasil melakukan penaklukan hingga ke dataran Eropa.

Penaklukan apa saja yang terjadi pada tanggal 9 Ramadhan? Berikut sedikit ulasannya untuk anda;

Pertempuran Zallaqah

Pertempuran Zallaqah atau juga disebut juga sebagai Pertempuran Sagrajas, adala sebuah pertempuran antara dinasti Murabitun yang dipimpin oleh Yusuf bin Tasyfin dengan pasukan salib yang dipimpin oleh raja Alfonso VI pada tanggal 9 Ramadhan 479 Hijriyah atau yang bertepatan dengan 17 Desember 1086 Masehi.

Para sejarawan menamakan pertempuran ini sebagai Az-Zallaqah (tanah yang licin) karena licinnya medan pertempuran akibat banyaknya darah yang tumpah didalam perang yang akhirnya dimenangkan oleh umat Muslimin.

Penaklukan Pulai Sisilia

Tanggal 9 Ramadan tahun 212 Hijriyah atau yang bertepatan dengan 1 Desember 827 Masehi menjadi hari penting bagi umat Islam, setelah Ziad bin Asad bin Aghlab dan Assad bin Efrat berhasil mendakwahkan Islam hingga ke wilayah pesisir pulau Sisilia. (Almasryalyoum/Ram)