Kian Berkembang, Umat Islam Rusia Berhasil Bangun 8.000 Masjid dan Islamic Center Dalam 24 Tahun Terakhir

salah satu masjid di rusiaEramuslim – Wakil pertama Dewan Mufti Rusia, Sheikh Roshan Abbasov, mengatakan bahwa selama 24 tahun terakhir umat Islam di negara bekas pecahan Uni Soviet telah membangun sekitar delapan ribu masjid sejak tahun 1991 lalu.

Dalam penuturannya, Sheikh Roshan Abbasov menceritakan bagaimana sulitnya umat Islam mencari Masjid yang diperkirakan hanya ada sekitar 100 an Masjid sebelum tahun 1991 lalu.

Menurutnya jumlah ini merupakan pencapaian fantastis umat Islam di Rusia, akan tetapi jumlah 8 ribu lebih tempat ibadah baru saat ini sangat jauh tertinggal jika dibandingkan dengan jumlah Masjid dan pusat keagamaan Islam sebanyak 15 ribu lebih sebelum revolusi tahun 1917.

“Alhamdulillah, geliat munculnya Masjid baru saat ini mencerminkan semakin bertambahnya pemeluk agama Islam di Rusia,” ujarnya.

Tercatat dalam bulan September mendatang Dewan Mufti Rusia akan kembali membuka Masjid Jami’ di kota Moskow dengan total luas19 ribu meter persegi, dan dapat menampung sekitar 10 ribu jamaah dalam satu waktu.

Perlu diketahui bahwa Masjid Jami’ Moskow nantinya akan menjadi masjid terbesar di benua Eropa. (Akhbarak/Ram)