Sekjen PBB Serukan Syiah Hizbullah Tarik Milisinya Dari Suriah

BAN KI-MOON JUGE LE CHANGEMENT CLIMATIQUE AUSSI DANGEREUX QUE LA GUERRESekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon, menyerukan Syiah Hizbullah untuk menarik milisi mereka dari Suriah, dan menyerukan mereka serta kelompok milisi lainnya untuk melucuti senjata sesuai dengan Resolusi Dewan Keamanan PBB no 1701 tahun 2006.

Seruan ini dikatakan Ban dalam dalam laporannya kepada anggota Dewan Keamanan PBB pada Rabu (12/11), mengenai komitmen Lebanon dan Israel terhadap pelaksanaan Resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa no 1701, seperti dilansir kantor berita Jerman.

Perlu diketahui bahwa Resolusi Dewan Keamanan PBB no 1701 tahun 2006 berisi rancangan untuk mengakhiri perang antara tentara militer Israel dengan milisi Syiah Hizbullah, dan penarikan milisi mereka dari Sungai Litani, serta penyebaran tentara pemerintah selatan Lebanon.

Selain itu Resolusi juga berisi pembentukan daerah bebas senjata dan militer yang terbentang antara antara Blue Line dengan Sungai Litani.

Blue Line adalah daerah perbatasan yang dibuat oleh PBB pada 7 Juni tahun 2000, dan terletak diantara Lebanon di satu sisi dan Dataran Tinggi Golan Israel. (Rassd/Ram)