Sekjen PBB Ban Ki Moon, Serukan Pelucutan Senjata Kelompok Syiah Hizbullah

ban ki moonSekretaris Jendral Perserikatan Bangsa Bangsa, Ban Ki Moon, meminta pemerintah Lebanon untuk bertindak tegas dan segera melucuti persenjataan kelompok Syiah Hizbullah, serta melarang organisasi Syiah tersebut untuk mempunyai kemampuan militer sendiri.

Ban Ki Moon mendesak pemerintah dan Angkatan Bersenjata Libanon dalam laporan semi tahunan PBB tentang pelaksanaan peraturan no 1559 pada Kamis(24/10) Sore ini, untuk segera mengambil semua langkah yang diperlukan untuk mencegah kelompok Syiah Hizbullah memperoleh persenjataan dan peningkatan kapasitas militernya di luar otoritas negara karena telah melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB tahun 2004.

Dalam laporannya, Ban menuturkan keperihatinannya tentang keputusan kelompok Syiah Hizbullah turut campur dalam konflik bersenjata di Suriah.

Ban juga memperingatkan aksi Syiah Hizbullah di Suriah dapat menyeret Libanon dalam eskalasi pertempuran dan jihad yang lebih luas lagi, terlebih di lebanon sendiri kini banyak seruan untuk berpartisipasi dalam jihad di Suriah.

Selain itu Ban juga menyerukan Iran agar mendorong sekutunya tersebut untuk beralih ke dalam partai politik murni yang akan menjaga perdamaian dan stabilitas keamanan di Lebanon dan Suriah, sesuai dengan resolusi Dewan keamanan PBB no 1559 tahun 2004. (almasryalyoum/lndk)