Sekjen Liga Arab Serukan Pembentukan Pasukan Gabungan Arab Bersatu

liga arabEramuslim.co – Organisasi Liga Arab menyerukan kepala staf angkatan bersenjata negara-negara anggota Arab untuk hadir membahas pembentukan pasukan gabungan Arab dalam pertemuan yang dijadwalkan pada 22 April mendatang.

Seperti dilansir Timur Tengah News Agency dari Sekretaris Jenderal Liga Arab, Nabil al-Arabi, mengatakan, “Kami berharap dalam pertemuan 22 April mendatang seluruh kepala staf angkatan bersenjata negara Arab dapat  hadir membahas pembentukan pasukan gabungan Arab yang dicetuskan pada KTT Sharm el-Sheikh lalu.”

Nabil al-Arabi melanjutkan, “Pertemuan nanti akan membahas bagaimana pembentukan pasukan gabungan tersebut, dan biaya yang akan dikeluarkan.”

Perlu diketahui bahwa dalam pelaksanaan KTT Sharm el-Sheikh yang berlansung pada 26-29 Maret lalu, Dewan Menteri Luar Negeri Arab sepakat untuk membentuk pasukan gabungan Arab dalam menanggapi hegemoni Iran dan krisis yang kini melanda wilayah Timur Tengah.

Wacana pasukan gabungan Arab sendiri digulirkan Presiden kudeta militer Mesir, Abdel Fattah al-Sisi, dalam wawancaranya dengan stasiun televisi Al Arabiya Saudi beberapa waktu sebelumnya bergulirnya KTT Sharm el-Sheikh pada bulan Maret lalu. (Rassd/Ram)