Sekeras Apapun Manusia Ikhtiar, Allah Penentunya!

Eramuslim – Manusia sering memiliki berbagai macam masalah yang harus dihadapi. Guna mengatasinya, manusia ikhtiar semaksimal mungkin untuk menyelesaian masalah-masalahnya.

KH Abdullah Gymnastiar yang sering disapa Aa Gym mengatakan, segala urusan itu sepenuhnya ada dalam kekuasaan Allah. Tidak ada satupun yang lepas dari genggaman Allah. Tugas manusia ikhtiar dan berdoa.

“Sesungguhnya sekuat apapun manusia ikhtiar jika Allah tidak menghendaki maka semua tidak akan terjadi. Meskipun kita memohon sekeras apapun terhadap sesama makhluk hidup,” terang Aa Gym dalam Instagramnya @aagym kemarin.

“Ikhtiar bagaimana pun juga jika Allah tidak menolong tidak akan terjadi. Mau menjerit sekuat apapun, mau lari ke penjuru manapun, mau mengiba memelas kepada siapapun, kalau Allah tidak menolong tidak ada,” kata Aa Gym.

مَا أَصَابَ مِنْ مُصِيبَةٍ إِلَّا بِإِذْنِ اللَّـهِ ۗ وَمَنْ يُؤْمِنْ بِاللَّـهِ يَهْدِ قَلْبَهُ ۚ وَاللَّـهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ

Tidak ada suatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan ijin Allah, dan barang siapa yang beriman kepada Allah niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” (QS. At Taghabun: 11)

Jika kita adalah manusia yang berakal, tentunya akan meminta pertolongan Allah.

Apapun seluruhnya, jelas Aa Gym, ada dalam genggaman-Nya dan tidak mungkin sampai terlepas.

Kepunyaan Allah-lah segala apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi.” (QS. Al Baqarah ayat 284). (Okz)