Sejarawan Ungkap Ternyata Bukan Perang Nuklir yang Bisa Musnahkan Peradaban, Tapi Ini…

Namun menurutnya selama ini hanya sedikit anggaran yang digelontorkan badan internasional untuk penelitian keamanan AI, mengutip Toby Ord, filsuf Universiats Oxford yang menyatakan: “Badan internasional yang bertanggung jawab atas pelarangan senjata biologis (Konvensi Senjata Biologis) yang berkelanjutan memiliki anggaran tahunan hanya USD1,4 juta – kurang dari rata-rata restoran McDonald.”

Dyer menulis, anggaran untuk penelitian keamanan AI ini hanya beberapa puluh juta, dibandingkan dengan miliaran dalam penelitian AI secara umum.

“Jadi jika kita terus melempar dadu, suatu saat dalam beberapa abad mendatang kita pasti akan mengalami kiamat dengan satu atau lain cara. Tetapi prediksi Ord, meskipun akurat, didasarkan pada asumsi bahwa kita terus berjalan dengan ceroboh dan tidak pernah mengembangkan perspektif jangka panjang yang memungkinkan kita untuk mengurangi risiko,” tulisnya.

“Kita mencoba mengubah seluruh ekonomi kita untuk mencegah bencana perubahan iklim. Kita bahkan bereksperimen dengan cara mengalihkan asteroid agar tidak menabrak Bumi. Hampir tidak cukup, tetapi tidak buruk jika Anda mempertimbangkan bahwa, 500 tahun yang lalu, banyak orang bahkan tidak tahu bahwa Bumi itu bulat.” [merdeka]