Sejarah Tercetak! Seorang Muslim Terpilih Menjadi PM Skotlandia

Humza Yousaf wins vote to succeed Nicola Sturgeon as SNP leader - ABC News

Eramuslim.com – Sejarah besar di Skotlandia. Humza Yousaf, 37 tahun, seorang Muslim asal Pakistan, terpilih sebagai menteri pertama di Daerah Otonomi Khusus Inggris Raya.

Menteri Pertama adalah jabatan tertinggi di Skotlandia. Peran tersebut memiliki kontrol penuh dalam Pemerintah Skotlandia.

Menurut Reuters, Yousaf adalah Muslim pertama yang menjadi orang pertama dalam pemerintahan negara Eropa Barat.

Yousaf juga akan memimpin warga Skotlandia yang mayoritas memeluk Kristen.

Sensus terakhir pada 2011 menunjukkan pemeluk Kristen mencapai 53,8 persen. Sedangkan umat Muslim di Skotlandia dalam data resmi 2011 sebanyak 76 ribu lebih orang atas 1,4 persen.

Di Eropa Barat, agama mayoritas adalah Kristen, terdiri dari Katolik di barat dan selatan, Kristen Protestan di utara, dan Katolik Ortodoks di timur.

Yousaf terpilih setelah memenangkan suara dari partai yang berkuasa di Skotlandia, SNP. Dia menerima 52 persen suara, mengalahkan saingan terdekatnya Kate Forbes, yang menerima 48 persen suara.

Sementara itu, saat kampanye pemilihan pemimpin SNP, Yousaf sempat menyinggung soal iman Muslim yang dianutnya.

Ia memastikan bila terpilih maka dirinya akan menyeimbangkan pandangan keagamaan dengan kebijakan progresif sosial SNP.

Namun, sepanjang kampanye, Yousef selalu menunjuk latar belakangnya sebagai seorang Muslim, lahir dari keluarga imigran Pakistan-Kenya. Karena terbiasa hidup dengan perbedaan, Yousef menekankan bahwa dia mewakili visi yang sepenuhnya inklusif, sosial-liberal, dan multietnis.

Setelah memenangkan pemilihan, Yousef kini menunggu persetujuan dari Parlemen Skotlandia untuk segera mengambil alih sebagai Perdana Menteri menggantikan Nicola Sturgeon.

(kumparan)

Beri Komentar