Masjid Ditembaki di Norwegia

Eramuslim – Sebuah masjid di pinggiran Ibu Kota Oslo, Norwegia, Al-Noor Islamic Centre ditembaki seorang pria. Tidak ada korban jiwa dalam serangan mematikan tersebut.

Kasus penembakan itu berlangsung sehari sebelum Idul Adha, Minggu (11/8) dan kepolisian Norwegia mengatakan kemungkinan sebagai aksi terorisme

“Kami menyelidiki kasus ini sebagai percobaan melakukan aksi terorisme,” kata Wakil Kepolisian Norwegia, Rune Skjold, dalam jumpa pers, Minggu.

Seorang pria di masjid berhasil melumpuhkan pria bersenjata yang mengeluarkan tembakan dan ia mengalami “luka ringan” dalam peristiwa itu.

Belakangan, seorang perempuan ditemukan tewas di rumah tersangka, kata Rune Skjold.

Ia menambahkan bahwa pria itu sekarang dicurigai telah membunuh seorang kerabatnya.

“Kami menganggap ini kematian yang mencurigakan… Orang yang meninggal itu terkait dengan orang yang ditangkap sebelumnya hari ini,”
ujarnya.

Polisi mengatakan pria itu bertindak sendiri ketika menyerang masjid.

Terduga pelaku, kata Skjold, adalah seorang “pria Norwegia” dan telah masuk catatan pihak berwenang sebelum melancarkan aksi, tetapi tidak dapat disebut sebagai seseorang yang memiliki “latar belakang kejahatan”.

Lebih lanjut Skjold menuturkan bahwa pria itu tampak mempunyai pandangan “kanan-jauh” dan “antiimigran”. Ia juga tampak bersimpati kepada Vidkun Quisling, pemimpin pemerintahan Norwegia yang bersekongkol dengan Jerman selama pendudukan Nazi.