Saudi Umumkan Gencatan Senjata Kemanusiaan Di Yaman Dimulai Selasa Depan

pesawatXkoalisiXregionalEramuslim.com – Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel al-Jubeir, mengumumkan pada hari Jumat (08/05) kemarin bahwa Selasa 12 Mei 2015 koalisi regional Arab akan mulai melaksanakan gencatan senjata kemanusiaan di seluruh kota Yaman selama 5 hari.

Pernyataan ini dilontarkan Menlu Adel al-Jubeir dalam konferensi persnya bersama Menlu AS John Kerry di ibukota Paris pada Jum’at malam waktu setempat.

Menlu Adel al-Jubeir menambahkan, “Gencatan senjata kemanusiaan di Yaman semua tergantung pada sikap kelompok Syiah Houthi dan sekutunya. Kami akan segera membatalkan perjanjian ini jika mereka tidak mematuhinya. ”

Sementara itu ketika ditanya mengenai operasi militernya di provinsi Saada wilayah utara Yaman, Menlu Adel al-Jubeir menjelaskan bahwa ini adalah respon kami atas serangan rudal milik pemberontak Houthi yang menghantam wilayah Najran sebelah selatan Saudi.

Kelompok Syiah Houthi dilaporkan berhasil menembakan sejumlah roket dan mortar ke wilayah Najran, Arab Saudi, pada Selasa (05/05) malam waktu setempat. Akibat serangan tersebut otoritas Riyadh terpaksa menghentikan semua penerbangan di bandara, dan menutup semua sekolah di Najran. (Rassd/Ram)