Saudi Larang Masuk Jamaah Haji Dan Umroh Dari Negara Yang Terangkit Virus Ebola

ka'bahKementerian Kesehatan Arab Saudi pada hari Sabtu (02/08) kemarin memutuskan untuk melarang masuk jamaah Haji dan Umrah dari negara-negara Afrika yang telah terkena epidemi Ebola.

Dalam keterangan yang dibacakan jubir Departemen Kesehatan Saudi, Dr Khalid Mirghalani, mengatakan “Kerajaan telah menetapkan sejak beberapa bulan yang lalu untuk memberlakukan larangan haji dan umrah bagi negara-negara yang terkena virus Ebola.”

Dr Khalid Mirghalani menambahkan bahwa pihaknya kini sedang berusaha mempersiapkan tim kesehatan di seluruh pintu masuk jamaah Haji dan Umroh untuk memantau dan mencegah menyebarnya virus tersebut menjelang ibadah Haji tahun 2014 ini.

Perlu dicatat bahwa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) baru-baru ini telah meluncurkan peringatan tentang kemungkinan penyebaran virus Ebola di wilayah Afrika Barat. WHO sendiri dikabarkan telah menyiapkan dana sebesar 100 juta dolar AS dalam rangka kampanye nasional, regional dan internasional untuk mengontrol epidemi ini. (Almasryalyoum/Ram)