Saudi dan Rusia Teken Kesepakatan Soal Nuklir

2215009Eramuslim.com – Arab Saudi dan Rusia, Kamis (18/6), menanda-tangani enam kesepakatan — termasuk penggunaan teknologi nuklir untuk tujuan damai.

Al Arabiya News Channel melaporkan kabar itu muncul setelah deputi Putra Mahkota Mohammed bin Salman bin Abdulaziz bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Konstantin, St Petersburg, Rusia.

Pangeran Mohammed bil Salman sebelumnya melakukan kunjungan resmi ke Moskwa, Rabu (17/6). Menteri perminyakan kedua negara juga masih membahas kerja sama lebih luas di forum ekonomi St Petersburg.

Arab Saudi adalah anggota Organisasi Pengekspor Minyak (OPEC) dengan produksi terbesar. Rusia bukan anggota OPEC tapi pemasuk minyak dunia terbesar kedua.

SPA, kantor berita Arab Saudi, memberitakan Menteri Energi Rusia Alexander Novak dan Menteri Perminyakan Arab Saudi Ali al-Naimi tidak akan membahas produksi minyak bersama.

Rusia meningkatkan kontrak dengan OPEC, setelah harga minyak anjlok tahun lalu. Namun Rusia menolak mengurangi produksi, untuk mengontrol harga di pasar global.(rz)