Saluran Televisi Satelit Asal Jerman Siarkan Piala Dunia 2014 Secara Gratis

piala duniaNonton gratis siaran semifinal Liga Champions Eropa dan Liga Eropa tampaknya dapat dinikmati pengguna televisi satelit di wilayah Timur Tengah dan Eropa. Dalam pemberitaannya, saluran televisi satelit asal Jerman, ZDF, menyatakan akan memberikan siaran gratis.

Siaran pertandingan sepak bola gratis bukan hanya dalam laga semifinal Liga Champions Eropa dan Liga Eropa semata, akan tetapi ZDF berencana akan memberikan siaran gratis pertandingan Piala Dunia 2014 yang akan berlangsung di Brazil dalam beberapa pekan mendatang.

Mereka yang berada di Eropa dan wilayah Timur Tengah dapat menggunakan satelit Nilesat dan Hotbird untuk melihat tayangan gratis tersebut.

Akan tetapi permasalahan baru muncul setelah sejumlah pemegang hak paten siaran sepak bola Liga Liga Champions Eropa dan Liga Eropa serta Piala Dunia 2014 mengajukan gugatan terhadap saluran televisi satelit asal Jerman tersebut.

Dalam gugatannya sejumlah saluran televisi seperti Al Jazeera menyebut apa yang diperbuat saluran televisi asal Jerman tersebut sebagai bentuk eksploitasi terhadap pertandingan sepak bola yang dilarang dalam peraturan FIFA.

Menanggapi hal tersebut Direktur ZDF mengatakan “Kami membeli dengan jumlah uang seperti mereka, mereka membuat saluran berbayar dan kami kami membuat gratis. Kami tidak ikut campur dalam keputusan mereka dan kami berharap mereka tidak ingin ikut campur dalam keputusan kami.”

Ia menambahkan bahwa “Sepakbola adalah permainan milik semua orang, baik si simiskin dan si kaya. Dan kami berikan itu kepada seluruh orang di dunia secara gratis.” (Alarabiya/Ram)