Sabtu Besok Pemerintah Saudi Akan Cuci Ka’bah

ka'bah 1Proses penggantian kain kiswah Ka’bah mungkin dapat kita saksikan setiap tahunnya pada tanggal 9 Dzulhijjah atau hari wukuf di padang , akan tetapi pernahkah kita menyaksikan prosesi pencucian Ka’bah setiap tahunnya?.

Yupz, mungkin kali ini jamaah Umroh yang sedang melakukan ziarah ke Masjidil Haram mungkin dapat menyaksikan prosesi sakral tersebut.

Seperti dilansir kantor berita Saudi menyatakan bahwa Raja Saudi, Raja Abdullah bin Abdulaziz Al Saud, telah memerintahkan gubernur kota Mekkah, Pangeran Mishaal bin Abdullah bin Abdulaziz, untuk mencuci Ka’bah pada hari Sabtu (08/11) besok.

Sekretaris Jenderal urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, Sheikh Dr. Abdul Rahman bin Abdul Aziz Al-Sudais, mengatakan bahwa prosesi ini untuk menjaga kebersihan dari kain penutup Ka’bah dan kiblat umat Islam.

Rencananya kain Ka’bah akan dicuci dengan campuran air zamzam dengan air mawar, serta sejumlah bahan lainnya.

Perlu diketahui bahwa prosesi pencucian Ka’bah adalah salah satu sunnah yang diajarkan nabi Muhammad kepada para pengikutnya. Tercatat dalam sejarah hidup nabi Muhammad, beliau pernah mencuci Ka’bah pada penaklukan kota Mekah (Fathu Makkah). (Almasryalyoum/Ram)