James Baker: Saatnya Negara Arab Berdiri Sendiri Tanpa Menunggu Bantuan AS

james bakerEramuslim.co – Seorang politikus Amerika Serikat, James Baker, meminta negara Arab dan Teluk untuk mulai mandiri melindungi diri mereka dari ancaman eksternal, tanpa bergantung dengan pasukan AS.

Dalam wawancaranya dengan stasiun televisi CNN hari Rabu (08/04) kemarin, James Baker mengatakan, “Saya menolak untuk mengirim pasukan Amerika ke Timur Tengah karena kita telah menumpahkan banyak darah prajurit Amerika di sana.”

James Baker menambahkan, “Memang kita memiliki sekutu di wilayah tersebut, akan tetapi kita dapat membantunya dengan serangan udara dan informasi intelijen daripada mengirimkan pasukan mereka kita untuk mereka.”

“Dahulu saya telah meminta Arab Saudi beserta sekutunya di Timur Tengah untuk membentuk aliansi bersama dalam memerangi hegemoni Iran tanpa menunggu AS. Tidak ada yang mendengarkan saya saat itu, dan kini hal tersebut terjadi,” ujar James Baker.

Sementara itu menanggapi konflik Israel-Palestina, politisi senior AS ini menyatakan bahwa kegagalan solusi dua negara akan menjadi bencana bagi kedua negara dan Timur Tengah. (Rassd/Ram)

Berikut cuplikan video tersebut;

https://www.youtube.com/watch?v=5pACfVdxg5s