Rusia Tidak Takut Sistem Rudal Anti-Udara Milik Negara Islam

sukhoiEramuslim – Direktur Pusat Studi Strategis Rusia, Ivan Konovalov, menyatakan bahwa senjata anti udara yang dimiliki oleh Negara Islam bukan ancaman serius bagi keberadaan pesawat tempur Rusia yang kini menggelar operasi udara di Suriah.

Pernyataan ini dikatakan Ivan Konovalov di ibukota Moskow pada hari Jum’at (09/10) kemarin, menanggapi keberhasilan pejuang Negara Islam menembak jatuh 4 helikopter tempur rezim Bashar Al Assad dalam 3 hari terakhir.

“Serangan udara koalisi internasional pimpinan AS dalam 1 tahun terakhir telah berhasil menghancurkan sistem pertahanan udara canggih milik Negara Islam. Mereka kini hanya memiliki rudal dengan jenis “Stinger” buatan Amerika atau “Strla” buatan Rusia yang hanya bisa mengenai pesawat dibawah ketinggian 4.000 meter,” ujar Konovalov kepada kantor berita TASS Rusia.

Ivan Konovalov melanjutkan, “Kami tidak khawatir dengan hal tersebut karena pesawat Sukhoi yang digunakan Rusia di Suriah memiliki teknologi canggih yang dapat menghancurkan target dengan presisi tinggi diatas ketinggian 4.000 meter.”

Perlu diketahui bahwa Rusia menempatkan telah menempatkan 50 lebih pesawat dan helikopter tempur mereka di Suriah sebelum memulai operasi udara pada 30 September lalu. (Dostor/Ram)