Rumania Bangun Kamp Persinggahan Untuk Pencari Suaka Asal Suriah

Kamp pengungsi di JordaniaEramuslim – Minggu 20 September 2015, Kementerian Dalam Negeri Rumania mengumumkan bahwa negaranya telah mendirikan 2 kamp tenda pengungsian di wilayah perbatasan Suriah, sebagai tempat istirahat sementara para pencari suaka asal Timteng dan Afrika.

Kementerian Dalam Negeri menerangkan bahwa 2 kamp pengungsian dibangun pemerintah di antara kota Lunga dan Satamora Moravata di wilayah provinsi Timis yang berada di sebelah barat Rumania.

Sementara itu di hari yang sama, Wakil Perdana Menteri Rumania Gabriel menyatakan bahwa pemerintah Bukarest berencana menjadikan 2 kamp tersebut sebagai tempat pelatihan aparat berwenang tentang bagaimana menangani kedatangan gelombang pencari suaka asal Timteng dan Afrika.

Wakil Perdana Menteri Gabriel menerangkan bahwa nantinya para pejabat berwenang akan belajar bagaimana prosedur bagi para pengungsi yang akan masuk, hingga mengambil sidik jari dan mengidentifikasi mereka yang akan tinggal di Rumania.

Perlu diketahui meskipun Rumania adalah anggota Uni Eropa, akan tetapi negara yang tidak tergabung dalam Visa Schengen tetap mempersilahkan masuk para pencari suaka untuk menyeberang ke negara tetangga. (Dostor/Ram)