RRC Tempatkan Rudal Darat ke Udara di Wilayah Sengketa Laut Cina Selatan

laut cina selatan rudalEramuslim.com – China menggelar rudal canggih darat ke udara di salah satu pulau sengketa di Laut Cina selatan (LCS).

Mayor Jenderal David Lo, juru bicara Kementerian Pertahanan Taiwan, Rabu (16/2) mengatakan baterei rudal telah terpasang di Pulau Woody — bagian dari gugusan Kepulauan Paracel — yang berada di bawah kendali Beijing tapi diklaim Vietnam dan Taiwan.

“Semua pihak harus bekerja sama menjaga perdamaian dan stabilitas di Laut Cina Selatan, serta manahan diri untuk tidak mengambil tindakan sepihak,” kata Mayjen Lo.

Penyebaran rudal di Laut Cina Selatan kali pertama dilaporkan Fox News. Gambar satelit yang ditayangkan televisi itu memperlihatkan dua baterei dan delapan peluncur rudal permukaan ke udara, plus sistem radar, telah terpasang.

Tsai Ing Wen, presiden terpilih Taiwan tapi belum dilantik, mengatakan langkah Beijing menyebabkan ketegangan baru di Laut Cina Selatan.

Namun Menlu Cina Wang Yi mengatakan AS dan Taiwan terlalu membesar-besarkan laporan.

Al Jazeera memberitakan Beijing sama sekali tidak membantah laporan Fox News. Namun China juga tidak memiliki niat menjadikan Laut Cina Selatan sebagai kawasan militer.

Kabar China menyebarkan rudal di Laut Cina Selatan (LCS) muncul saat Presiden Barrack Obama dan pemimpin ASEAN mengadakan pertemuan di California. Pertemuan membahas perlunya peredaan ketegangan di LCS.(ts)