London, Surga Pencucian Uang Perdagangan Obat Bius Dunia

Pencucian+uangEramuslim – Penulis buku “Jomura” sekaligus ahli Ilmu Forensik asal Inggris, Roberto Saviano, mengungkapkan bahwa ibukota London kini menjadi surga bagi penjahat obat-obatan terlarang untuk mencuci uang mereka.

Pernyataan ini diungkapkan Saviano dalam wawancaranya dengan surat kabar The Independent yang diterbitkan di Inggris pada hari Minggu (05/07) kemarin.

Dalam keterangannya, Roberto Saviano mengatakan, “Bank-bank dan lembaga keuangan di Inggris kini telah mengabaikan prinsip siapa pelanggan mereka? dan dari mana uang tersebut didapat. Suatu hal yang dimanfaatkan para penjahat untuk mencuci uang mereka”

Roberto Saviano menambahkan, “Baru-baru ini Badan Nasional AS untuk memerangi kejahatan menegaskan adanya operasi pencucian uang sebesar ratusan miliar dolar di bank-bank Inggris. Ini jelas dapat menimbulkan ancaman bagi perekonomian Inggris dan reputasi negara ini.”

“Prosedur pemeriksaan sumber keuangan yang tidak terlalu ketat dan kemudahan bagi nasabah untuk meletakan uang mereka menjadi kontribusi utama yang menjadikan London kini sebagai salah satu pusat pencucian uang hasil perdagangan obat bius di dunia,” ujar Roberto Saviano.

Perlu diketahui bahwa Roberto Saviano adalah seorang penulis buku kenamaan dunia yang berhasl mengungkap jaringan kejahatan mafia Italia. (Almasryalyoum/Ram)