Resolusi DK PBB Tetapkan 2 Pemimpin Pemberontak Yaman Dalam Daftar Blacklist Internasional

ahmed saleh-abdul malik houthiEramuslim.co – Selasa 14 Maret 2015, Dewan Keamanan PBB memutuskan untuk memasukan Ahmed Saleh dan pemimpin pemberontak Syiah Houthi, Abdul Malik Houthi, dalam daftar hitam internasional.

Selain menerbitkan larangan mempersenjatai pemberontak Syiah Houthi dalma sidang yang berlangsung sepanjang hari Selasa kemarin, anggota Dewan Keamanan sepakat untuk menerapkan larangan perjalanan kepada kedua tokoh tersebut dan membekukan aset mereka di luar Yaman.

Sebelumnya pada bulan November tahun 2014 lalu, Dewan Keamanan PBB telah memasukan mantan Presiden Ali Abdullah Saleh, ayah dari Ahmed Saleh, beserta dua pemimpin senior Syiah Abdul Khaliq al-Huthi dan Abdullah Yahya al-Hakim dalam daftar hitam.

Sementara itu dalam komentaranya, Duta Besar AS untuk PBB, Samantha Power, menegaskan bahwa negaranya akan mengambil tindakan tegas terhadap mereka yang terus berusaha merusak upaya rekonsiliasi dengan mempersenjatai dan mendukung pemberontak Yaman.

Perlu diketahui bahwa dalam sidang kemarin Rusia sebagai pemegang hak Veto menyatakan abstain dalam dari pemungutan suara sidang darurat DK PBB karena beberapa proposal mereka tidak diadopsi oleh Jordan dan negara Teluk.

Dewan Keamanan PBB sendiri terdiri dari 5 anggota tetap dan 10 anggota tidak tetap, dengan Jordan sebagai satu-satunya perwakilan dari negara-negara Arab. (Rassd/Ram)