Resah Tidak Mewakili Wanita Muslimah, Remaja Saudi Usulkan Emoji Berjilbab

emoji-berjilbabEramuslim – Resah tidak ada ikon emoji yang mewakili kelompok wanita Muslimah, seorang remaja keturunan Arab Saudi yang tinggal di kota Berlin, Jerman, mengusulkan pembuatan emoji berjilbab yang dapat digunakan oleh perempuan-perempuan Muslim.

Ide pembuatan emoji khusus ini pertama kali dicetuskan Rayouf Alhumedhi (15 tahun) saat akan membuat grup di Whatsapp bersama teman-teman Muslimahnya, akan tetapi tidak menemukan adanya emoji yang mewakili wanita Muslimah.

Sempat mengirim surat ke perusahaan ponsel kenamaan “Apple” untuk meminta pihak terkait membuat emoji khusus yang mewakili wanita Muslimah, akan tetapi tidak ada tanggapan sampai akhirnya Rayouf  mendengar tentang Unicode Consortium, yaitu sebuah organisasi yang mengatur permohonan pembuatan emoji.

“Dalam era digital, gambar telah menjadi elemen penting dalam komunikasi mengingat banyaknya perbedaan di dunia. Oleh karena itu wanita Muslimah harus memiliki perwakilan di dalamnya, dan kami meminta untuk menambahkan emoji jilbab,” ujar Rayouf dalam surat yang ditujukan kepada Unicode Consortium.

Mendapat dukungan dari co-founder forum diskusi onlie Reddit, Alexis Ohanian. Jika disetujui, nantinya emoticon dengan jilbab mulai dapat digunakan pada tahun 2017 mendatang. (Rassd/Ram)