Redakan Unjuk Rasa Di Ibukota Baghdad, Diam-Diam Syiah Iran Kirim Jenderal Qassem Soleimani Ke Irak

Qassem Soleimani (jas biru)Eramuslim – Komandan pasukan khusus Al Quds Iran, Jenderal Qassem Soleimani, dilaporkan kembali terlihat di ibukota Baghdad sejak hari Sabtu (22/08) kemarin, setelah meluasnya aksi unjuk rasa turun ke jalan menutut reformasi pemerintah dari korupsi dan antek pro-Teheran.

Dalam foto-foto yang diterbitkan kantor berita Fars Iran pada hari Minggu (23/08) kemarin, nampak Jenderal Qassem Soleimani terlihat mengunjungi kota Karbala, Irak, bersama komandan milisi Syiah Iran, Abu Mahdi Mohandes.

Sementara itu kantor berita Erem Irak dalam wawancaranya dengan seorang sumber pejabat tinggi milisi Syiah Iran yang tidak mau diungkapkan namanya mengatakan, “Tujuan kedatangan Qassem Soleimani ke Irak adalah berbincang dengan kepala ulama Syiah Irak, Ali al-Sistani, mengenai protes warga Syiah terhadap pemerintahan PM Haider Al Abadi dan milisi Iran.”

“Iran ingin menjamin keselamatan mantan PM Syiah Nuri al-Maliki yang dituding bertanggung jawab atas perang sekterian di Irak dan kasus korupsi selama menjabat dari tahun 2004 hingga 2014,” ujar sumber tersebut.

Perlu diketahui bahwa Jenderal Qassem Soleimani adalah sosok yang bertanggung jawab atas operasi militer dan milisi Iran terhadap pejuang Sunni di wilayah Irak dan Suriah. Bahkan Barat menyebut orang nomor dua di jajaran militer Iran ini bertanggung jawab atas sejumlah aksi sabotase mata-mata Iran di luar negeri. (Alarabiya/Ram)