Rasis! Gadis Muslim Dipaksa Lepas Hijab Saat Hendak Naik Pesawat Air Canada

Eramuslim – Maskapai penerbangan Air Canada menjadi sorotan publik setelah stafnya diduga memaksa seorang gadis muslim 13 tahun untuk melepas hijabnya dengan alasan keamanan.

Seperti dilansir dari abc7news, Selasa (24/9/2019), Fatima Abdelrahman, 13 tahun, merupakan seorang anggota tim squash nasional AS pertama yang menggunakan hijab. Gadis muslim itu mengalami peristiwa yang tak menyenangkan saat mau naik pesawat Air Canada.

Seorang staf Air Canada memanggil dan memaksa Fatima untuk melepas hijabnya saat ia hendak memasuki pesawat. Kala itu Fatima melakukan penerbangan dari San Francisco, AS menuju Toronto, Canada pada Agustus lalu bersama timnya.

Fatima dipanggil dan dipaksa melepas hijabnya karena ia tidak mengenakan hijab di foto paspornya. Awalnya ia menolak permintaan untuk melepas hijabnya. Namun staf Air Canada memaksanya.

Fatima tak berdaya, ia terpaksa melepas hijabnya. Semua rekan tim dan juga pelatihnya telah lebih dulu memasuki pesawat, tinggal ia sendirian.

Merasa terhina, Fatima mengungkapkan, hijab yang dikenakannya tak menutupi wajahnya sehingga wajahnya tetap bisa dicocokkan dengan foto di paspornya.

Insiden ini menjadi besar dan diketahui publik setelah saudara perempuan Fatima, Sabreen Abdelarahman menceritakan tentang insiden itu di sosial media dan di respon oleh pihak maskapai.