Rangkaian Bom Kembali Meledak Di Perbatasan Turki Dengan Suriah

turkey11 orang dilaporkan tewas akibat sebuah ledakan pada hari selasa kemarin di sebuah gudang pemotongan besi di desa Hatchi Pasha provinsi Hatay, dekat dengan perbatasan Turki dan Suriah.

Tercatat enam orang korban berasal dari warga Turki dan lima orang lainnya warga negara Suriah.

Menurut keterangan kantor gubernur provinsi Hatay, “potongan besi yang berusaha diselundupkan ke Turki oleh kawanan tersebut, tiba-tiba meledak dan langsung menewaskan lima warga Suriah di tempat, sementara 6 orang warga Turki meninggal akibat luka berat yang dideritanya.”

Sementara itu, menurut keterangan kantor berita NTV dan CNN Turki, “para korban menegosiasikan kesepakatan penjualan besi bekas untuk dikirim ke Turki, akan tetapi tiba-tiba meledak sebuah mortir di antara potongan-potongan ini tanpa sepengetahuan mereka.”

Estalasi keamanan di wilayah perbatasan Suriah dan Turki terus meningkat dalam beberapa bulan terakhir, serangkaian bentrokan hampir setiap hari terjadi antara pasukan Turki dan kelompok penyelundup di wilayah tersebut.

Sebelumnya, ledakan serupa juga terjadi di pintu perbatasan Hawa di perbatasan Turki dengan Suriah beberapa bulan lalu yang menewaskan beberapa orang dan melukai puluhan warga Suriah dan Turki. (Aljazeera/Zhd)