Qatar berikan Bantuan Senilai $ 350 Juta Dolar Bagi Penduduk Miskin Yaman Selatan

anak miskin yamanPemerintah Qatar memberikan bantuan sebesar $ 350 juta dollar Amerika Serikat, sebagai dana kompensasi untuk warga sipil dan militer di Yaman Selatan.

Dalam penyerahan bantuan yang diwakili oleh Utusan Khusus PBB, Jamal bin Omar, mengatakan bahwa “wilayah selatan telah menderita di bawah rezim pemerintah Yaman sebelumnya, mereka mendapat perlakuaan diskriminatif oleh pemerintahan setelah sumber daya alam mereka di rampas oleh rezim presiden Ali Abdullah Saleh.

Omar menambahkan “akan tetapi untuk pertama kalinya kini kita melihat langkah serius pemerintah untuk memperbaikinya. Dan ada dua isu penting yang harus diselesaikan pemerintah bagi keberhasilan dialog nasional, pertama memberikan otonomi bagi wilayah selatan dan membentuk pemerintahan Yaman.

Pasca penyatuan Yaman selatan dan utara pada tahun 1990 lalu, ribuan Yaman Selatan terputus dari pekerjaan mereka setelah wilayah utara memonopoli kekuasaan dan harta kekayaan di Selatan.

Program Kotak Foundation PBB merupakan salah satu dari tiga program resmi PBB untuk bantuan bagi warga Yaman di Selatan akibat kekerasan politik era rezim presiden Abdullah Saleh. (shorouk/lndk)