Putin Ucapkan Selamat Idul Fitri, Sampaikan Rasa Hormat ke Masyarakat Muslim Dunia

Putin Ucapkan Selamat Idul Fitri, Sampaikan Rasa Hormat ke Masyarakat Muslim Dunia

Eramuslim.com – Suka cita Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah dirasakan oleh masyarakat Muslim di seluruh dunia. Bahkan, negara yang sedang berkonflik sesaat mereda karena keriangan Idul Fitri.

Masyarakat Muslim di Rusia tak luput merayakan hari raya Umat Muslim ini.

Presiden Rusia Vladimir Putin juga turut menyampaikan salam Idul Fitri kepada Muslim Rusia pada hari Jumat (21/4). Dirinya bahkan memuji kontribusi organisasi Muslim untuk menjaga dialog antara etnis dan agama.

“Hari raya ini, yang sangat dihormati oleh umat Islam di seluruh dunia dan menandai akhir bulan suci Ramadan, memiliki makna spiritual yang penting karena mewujudkan aspirasi masyarakat untuk mencapai kemajuan moral, menunjukkan belas kasihan dan rasa kasih sayang,” demikian ucapan Putin yang diposting di situs Majelis Spiritual Muslim Rusia.

Putin menambahkan, Putin menaruh rasa hormat pada seluruh masyarakat Muslim tidak hanya di Rusia, tapi juga di Dunia. “Dengan sangat puas saya mencatat bagaimana penganut Islam di negara kita menunjukkan rasa hormat yang mendalam terhadap tradisi ayah, sejarah, agama dan budaya mereka yang berusia berabad-abad, dan bahwa mereka memperkenalkan (tradisi ini) kepada kaum muda,” tambah Putin.

Menurut presiden Rusia itu, Umat Muslim telah menjalani kehidupan yang patut dicontoh dengan perbuatan baik dan perbuatan baik mereka. Menurutnya, hal ini telah berhasil memupuk kehidupan sosial di Rusia.

“Itu telah secara aktif mengembangkan interaksi dengan organisasi publik dan sosial sambil tanpa lelah memperhatikan prakarsa pendidikan dan amal,” imbuh Putin.

Putin juga menyoroti peran pejuang Muslim dalam operasi militer khusus, yang katanya telah melindungi Rusia, mengambil bagian dalam operasi tempur dengan keberanian dan menunjukkan semangat korps yang mengagumkan.

Terakhir, Putin juga memuji kontribusi berharga dari organisasi Muslim untuk menjaga komunikasi antaretnis dan antaragama dan pendidikan patriotik generasi penerus Rusia.

Diketahui, masyarakat Muslim Rusia merayakan Idul Fitri pada Jumat (21/4) waktu setempat. Perayaan Idul Fitri 1444 Hijriah di waktu tersebut bersamaan dengan perayaan Lebaran di beberapa negara Arab.

Sumber: jawapos.

Beri Komentar