Putin: Timur Tengah di Ambang Perang Skala Penuh

eramuslim.com – Presiden Rusia Vladimir Putin tiba-tiba sesumbar mengatakan Timur Tengah berada di ambang perang skala penuh. Bahkan, Putin menyebut perang tidak akan berakhir sampai terbentuk Negara Palestina.

Pernyataan itu disampaikan Putin dalam KTT BRICS yang digelar di Kazan, Rusia dilansir kantor berita AFP, Kamis (24/10/2024). Putin mulanya mengatakan perang dimulai di Gaza kini telah menyebar ke Lebanon.

“Aksi militer yang dimulai setahun lalu di Gaza kini telah menyebar ke Lebanon. Negara-negara lain di kawasan itu juga terkena dampaknya,” kata Putin dalam pertemuan yang dihadiri oleh beberapa pemimpin dunia tersebut.

Putin mengatakan perang antara Israel dan Iran juga meningkat tajam. Putin menyebut Timur Tengah kini berada di ambang perang skala penuh.

“Tingkat konfrontasi antara Israel dan Iran telah meningkat tajam. Ini semua mengingatkan pada reaksi berantai dan menempatkan seluruh Timur Tengah di ambang perang skala penuh,” imbuh pemimpin Rusia itu.

Menurut Putin, kekerasan di Timur Tengah tidak akan berakhir sampai terbentuknya negara Palestina yang merdeka.

“Tuntutan utama untuk memulihkan perdamaian dan stabilitas di wilayah Palestina adalah melaksanakan formula dua negara yang disetujui oleh Dewan Keamanan dan Majelis Umum PBB,” kata Putin di KTT BRICS yang juga dihadiri oleh pemimpin Palestina Mahmoud Abbas.

Putin menambahkan bahwa ini akan mengoreksi ketidakadilan historis terhadap rakyat Palestina.

“Sampai masalah ini terselesaikan, tidak mungkin untuk memutus lingkaran keji kekerasan,” imbuh Putin.

 

(Sumber: Detik)

Beri Komentar