Provokasi Saudi, Syiah Houthi Gelar Latihan Perang Diperbatasan Utara Yaman

Mideast YemenEramuslim – Ribuan milisi Syiah Houthi kembali unjuk kekuatan dengan menggelar latihan militer besar-besaran di dekat perbatasan utara Yaman-Arab Saudi, seperti dilansir dari sumber tokoh suku setempat pada hari Kamis (12/03).

Sumber yang tidak mau disebutkan namanya tersebut mengatakan, “Latihan militer meliputi berbagai jenis senjata, termasuk senjata berat yang disita milisi Syiah Houthi dari tentara Yaman, di provinsi Saada.”

“Sedikitnya 3 ribu milisi Syiah Houthi mengikuti latihan militer tersebut,” ujar sumber yang tidak mau diketahui identitasnya.

Sementara itu seperti dikutip kantor berita Reuters dari seorang komandan militer al-Houthi, Mohammad Bukhaiti, mengatakan “Ini adalah latihan gabungan antara Angkatan Darat Syiah dengan milisi suku-suku Syiah.”

Yaman sendiri kini terbelah menjadi 2 bagian antara wilayah utara yang dikuasai oleh pemberontak Syiah Houthi, dan wilayah selatan yang dipimpin Presiden sah Abed Rabbo Mansur Hadi, yang berhasil kabur dari tahanan rumah pada pertengahan Februari lalu.

Perlu diketahui bahwa Arab Saudi berperan aktif dalam mendukung pemerintahan sah Yaman di wilayah selatan, dan menyatakan siap menjadi tuan rumah yang netral bagi dialog nasional Yaman yang diselenggarakan di ibukota Riyadh.

Saudi sendiri pernah menggelar operasi militer di wilayah utara Yaman pada tahun 2009 lalu, menyusul serangkaian serangan bersenjata yang dilakukan oleh milisi Syiah Houthi di wilayah Arab Saudi. (Bbcarabic/Ram)