Dalih Protes Pelecehan Seksual, Iran Hentikan Seluruh Perjalan Haji Dan Umroh Ke Saudi

aksi protes massal di depan Kedubes SaudiEramuslim.co – Menteri Kebudayaan Iran, Ali Jannati, mengumumkan menghentikan semua penerbangan Umroh ke Arab Saudi sebagai protes atas “pelecehan seksual” yang terjadi atas 2 remaja Iran pada 2 pekan yang lalu.

Dalam pernyataannya di stasiun televisi milik pemerintah pada hari Senin (13/04) kemarin, Ali Jannati menyatakan akan menghentikan seluruh perjalanan Haji dan Umroh asal Iran sampai pihak berwenang Saudi mengadili dan menghukum para pelaku kejahatan.

Dalam keterangannya, Menteri Kebudayaan Iran menyebut sejumlah oknum petugas keamanan bandara di Jeddah sengaja melakukan pelecehan seksual terhadap 2 remaja Iran yang akan pulang setelah melakukan ibadah Umrah pada dua pekan lalu.

Ini adalah respon keras yang di ambil pemerintah Teheran, setelah sebelumnya Presiden Hassan Rohani mendelegasikan komite untuk mengambil respon yang tepat mengenai kasus pelecehan terhadap warganya, selain telah mengajukan nota protes keras kepada Kedutaan Arab Saudi di Iran.

Sementara itu hingga kini warga Iran terus menggelar aksi protes didepan kantor Kedutaan Arab Saudi di ibukota Teheran, sebagai bentuk protes terhadap Kerajaan Arab Saudi yang belum menangani kasus tersebut.

Hingga kini hubungan pemerintah Arab Saudi dengan Iran terus memanas akibat bukti adanya keterlibatan pemerintah Iran dalam membantu pemberontak Syiah Houthi dan milisi Ali Abdullah Saleh di Yaman. (Bbcarabic/Ram)