Presiden Yaman: Gerakan Syiah Houthi Ingin Gulingkan Pemerintah Sah Sunni

Abed Rabbo Mansour HadiPresiden Yaman, Abed Rabbo Mansour Hadi, mengatakan bahwa kelompok Syiah Houthi sedang melakukan upaya kudeta untuk menggulingkan pemerintahan sah, dalam pertemuannya dengan delegasi 10 negara untuk penyelesaian konflik di Yaman, hari Jum’at (09/09).

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Abed Rabbo Mansour Hadi mengatakan “mereka sengaja menargetkan sejumlah fasilitas dan titik keamanan di ibukota Sanaa untuk berbuat huru-hara.”

Orang no 1 di yaman ini menyebut slogan dan tuntutan yang diajukan para demonstran dari kelompok Syiah Houthi hanyalah palsu belaka, “kini kita melihat apa tujuan mereka sebenarnya, yaitu menggulingkan pemerintahan yang sah.”

Tercatat pada hari Kamis (08/09) kemarin, sejumlah warga Syiah Houthi bersenjata mencoba mengambil alih gedung pertelevisian nasional di ibukota Sanaa, sebelum berhasil dipukul mundur pasukan keamanan Yaman.

Dalam aksinya, kelompok Syiah Houthi mengajukan 3 tuntuan besar kepada pemerintah revolusi Yaman, yaitu menggulingkan pemerintah, membatalkan keputusannya untuk mengangkat subsidi minyak, dan pelaksanaan dari dialog nasional pada 25 Januari lalu. (Rassd/Ram)