Venezuela Siap Tampung 20 Ribu Pengungsi Suriah

Venezuela's acting President Nicolas Maduro attending the opening of the Ninth International Book Fair of Venezuela (Filven) in Caracas, Venezuela, Wednesday, March 13, 2013.

Eramuslim – Presiden Nicolas Maduro memerintahkan Kementerian Luar Negeri untuk segera mengambil langkah cepat untuk menerima dan menyediakan tempat bagi 20 ribu pengungsi Suriah yang akan mendapatkan suaka di Venezuela.

Perintah ini dikeluarkan Presiden Nicolas Maduro dalam rapat kabinet yang digelar di ibukota Caracas pada hari Senin (07/09), menanggapi kondisi darurat para pengungsi Suriah yang terus membanjiri wilayha Eropa.

“Saya ingin negara ini menerima 20 ribu pengungsi Suriah dan menjadikan meraka adalah bagian dari Venezuela,” ujar Maduro kepada Sekretaris Negara Delsey Rodriguez agar secepatnya bertemu dengan pengungsi Suriah dan mempersiapkan tempat bagi mereka.

Menurut data sementara PBB menyatakan bahwa hingga pertengahan tahun 2015 ada sekitar 6 juta lebih warga Suriah yang mengungsi ke negara-negara tetangga seperti Yordania, Lebanon, Turki dan Irak.

Jumlah tersebut belum ditambah sekitar 250 ribu lebih pengungsi yang tidak terdaftar ataupun memasuki negara-negara di sekitar Suriah secara ilegal. (Rassd/Ram)