Presiden Hadi Minta Dewan Keamanan PBB Dukung Operasi Militer Terhadap Syiah Houthi Yaman

Presiden Hadi cemasEramuslim – Seorang sumber di lingkungan Kepresidenan Yaman mengungkapkan bahwa Presiden Hadi telah meminta izin dan dukungan dari Dewan Keamanan PBB untuk menggelar aksi militer terhadap kelompok Syiah Houthi yang kini sedang menuju Aden.

Dalam keterangan sumber yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan kepada kantor berita Anatolia, “Presiden Abed Rabbo Mansour Hadi telah mengirim surat pada Selasa (24/03) malam kepada Dewan Keamanan untuk meminta resolusi yang membolehkan aksi militer kepada milisi Syiah Houthi yang kini sedang menuju kota Aden.”

Perlu diketahui setelah berhasil menguasai kota Taiz di selatan ibukota Sana’a, milisi Syiah Houthi bergerak menuju selatan untuk merebut kota Aden, dan menjatuhkan Presiden Abed Rabbo Mansour Hadi yang menjalankan pemerintahan dari kota Sunni tersebut.

Sejumlah pengamat khawatir bahwa resolusi yang DK PBB akan telat dikeluarkan, mengingat semakin dekatnya pergerakan milisi Syiah Houthi yang sedang menuju ke kota Aden di wilayah selatan Yaman.

Setelah berhasil lolos dari tahanan rumah milisi Syiah pada awal Februari lalu, Presiden Abed Rabbo Mansour Hadi yang telah berpindah ke kota Aden mengumumkan kota tersebut sebagai ibukota sementara Yaman sejak 21 Februari 2015. (Rassd/Ram)