Presiden Abed Rabbo: Syiah Iran Ingin Kacaukan dan Kuasai Yaman

abed-rabbo-mansour-hadiEramuslim – Presiden sah Yaman, Abed Rabbo Mansour Hadi, mengatakan bahwa kelompok Syiah Houthi sengaja memaksakan doktrin Syiah di negara Sunni tersebut, sebagai langkah untuk mendapatkan dukungan moril dan persenjataan dari Iran.

Pernyataan ini dilontarkan Presiden Abed Rabbo Mansour Hadi dalam pertemuannya dengan para pemimpin suku-suku dan kelompok Sunni Yaman di Istana Negara di kota Aden pada hari Senin (23/03) kemarin.

“Presiden Hadi menjelaskan Syiah Houthi berusaha untuk memaksakan doktrin Syiah di Yaman dengan dukungan kekuatan senjata dari Iran,” ujar seorang sumber yang menghadiri pertemuan tersebut.

Sumber tersebut menjelaskan bahwa Presiden Hadi menuding Iran sengaja ingin menggagalkan dialog nasional yang dinaungi oleh PBB, agar menyeret Yaman dalam perang berkepanjangn seperti Irak dan Suriah.

“25 juta penduduk Yaman tidak akan menerima metode doktrin Syiah Houthi yang berkuasa dengan senjata dan slogan-slogan kematian,” tegas Presiden Abed Rabbo Mansour Hadi. (Rassd/Ram)