Poster Film ‘The Muslims Are Coming!’ Boleh Dipasang di New York

muslim nyEramuslim.com – Sebuah poster film berjudul ‘The Muslims are Coming!’ akhirnya diizinkan dipasang oleh Badan Otoritas Tranportasi New York, MTA.

Vice News mengabarkan Senin (7/3/2016), izin untuk memasang poster film karya Negin Farsad dan Dean Obeidallah itu dikeluarkan pengadilan Distrik Manhattan, New York. Dengan demikian poster berwarna merah itu akan dipasang di sejumlah stasiun kereta bawah tanah dan pemberhentian bis umum New York. ”Ini di luar harapan kami,” tutur Dean Obeidallah, salah satu sutradara film tersebut.

Pada 2013, pihak MTA melarang pemasangan poster itu karena berbau politik dan rasial. Setahun kemudian, MTA mengizinkan poster itu hanya dipasang selama Maret 2015. Melihat ini, sebuah organisasi advokasi Muslim mengajukan tuntutan pada 2015 atas nama Vaguely Qualified Productions, VQP, sebuah rumah produksi yang menangani iklan itu. Dalam tuntutan itu, disebutkan bahwa poster film itu tidak bertema politik, karena kaum Muslim Amerika adalah warga biasa, yang sama dengan warga Amerika lainnya.

Advokasi Muslim menyambut gembira keputusan pengadilan itu. ”Kata-kata di poster itu tidak berbau politik,” menyambut gembira keputusan pengadilan tersebut. Sebaliknya, pihak MTA masih ragu. ”Kami yakin hakim keliru, tapi kami putuskan untuk tidak melakukan banding menggunakan uang pajak dari rakyat,” kata jurubicara MTA. ”Iklan itu ditetapkan sebagai promosi sebuah film dan kami akan memasang di sejumlah stasiun bawah tanah,” sambungnya.(ts/inilah)