Portal Berita Ternama AS Tulis Jokowi Sebagai PM, Bukan Presiden Indonesia

PERDANA MENTRI JOKOWI CNBCEramuslim.com – Dalam halaman daftar berita utamanya hari ini situs portal berita ternama asal Amerika Serikat CNBC.com sempat menulis nama Joko Widodo sebagai perdana menteri Indonesia.
Dalam halaman daftar berita utamanya hari ini situs portal berita ternama asal Amerika Serikat CNBC.com sempat menulis nama Joko Widodo sebagai perdana menteri Indonesia.
Dalam judul asli beritanya, tertulis “Indonesia’s PM to follow Xi, Modi on US tech trail”. Namun ketika diklik, judul dan keterangan di badan berita itu berubah menjadi “Indonesia’s president”.
Di berita itu disebutkan Presiden Jokowi akan mengunjungi Ibu Kota Washington dan San Fransisco dalam perjalanan lima hari dimulai 25 Oktober mendatang. Sebelumnya Presiden China Xi Jinping dan Perdana Menteri India Narendra Modi sudah lebih dulu melawat ke Amerika Serikat.
Jokowi dijadwalkan akan mengunjungi markas perusahaan teknologi Apple dan makan malam bersama CEO Tim Cook buat membahas investasi di industri timah di Indonesia guna memastikan ponsel iPhone dan produk Apple lainnya menggunakan bahan baku timah yang diproduksi secara legal.
Hingga berita ini diturunkan judul di berita utama CNBC itu masih menyebut Jokowi sebagai perdana menteri Indonesia.
Pemberitaan ini menyiratkan seolah-olah Indonesia menganut sistem pemerintahan semi-presidensil sebagaimana Republik Rakyat Cina. Ataukah secara diam-diam republik ini sudah meniru cara pemerintahan Cina, karena kebijakannya sering berkiblat ke negara komunis itu? Lalu jika Pak Jokowi hanya sebagai Perdana Menteri, lantas siapakah Presidennya? Mungkinkah Presiden Indonesia saat ini adalah Ibu Megawati sebagaimana dituliskan Korea Selatan? (ts/pm)