PM Turki: Kami Siap Bantu Irak Hadapi Milisi Negara Islam (ISIS)

Ahmet DavutogluPerdana Menteri Turki, Ahmet Davutoglu, menyatakan bahwa negaranya siap untuk berkerjasama dengan Irak, dalam rangka memerangi milisi Negara Islam (ISIS) dan mengembalikan sejumlah wilayah yang telah direbut.

Pernyataan ini dilontarkan PM Ahmet Davutoglu dalam acara konferensi pers bersama dengan Perdana Menteri Irak, Haider al-Abadi, hari Kamis (25/12) kemarin.

Dalam konferensi tersebut, PM Ahmet Davutoglu mengatakan “Turki telah membantu pemerintah Irak dengan melatih pejuang Peshmerga Kurdi Irak untuk melawan ekstrimis Negara Islam,” seraya menekankan kesiapan militer Turki untuk menghadapi kaum ekstrimis dan PKK yang menyerang wilayah Turki dari Irak.

Sementara itu PM Haider al-Abadi berharap Turki dapat memberikan dukungannya dalam pertukaran intelijen serta pelatihan militer dan persenjataan kedua negara.

Hal senada juga diungkapkan Menlu Turki, Mevlut Cavusoglu, yang mengatakan bahwa negaranya telah mencapai kepahaman bersama untuk membuka halaman baru Turki-Irak.

Mevlut Cavusoglu berpendapat bahwa pemerintahan Irak kini telah berbeda dan tidak mengepentingkan suatu golongan tertentu, seperti PM sebelumnya. (Alarabiya/Ram)