PM Hungaria Ancam Tangkap Dan Penjarakan Pengungsi Ilegal Asal Suriah

Viktor OrbanEramuslim – Perdana Menteri Viktor Orban menyatakan bahwa mulai 15 September mendatang negaranya akan menangkap para imigran pencari suaka yang masuk ke Hungaria secara ilegal.

Dalam pernyataannya di ibukota Budapest pada hari Jum’at (11/09) kemarin, PM Viktor Orban menjelaskan bahwa diperketatnya aturan masuk para pencari suaka ke Hungaria adalah buntut dari aksi pengepungan stasiun kereta oleh para imigran yang ingin menyeberang ke Austria ataupun Jerman pada beberapa hari yang lalu.

PM Viktor Orban menkankan bahwa mulai 15 Spetember mendatang aparat berwenang akan bertindak tegas dan memproses secara hukum siapa saja imigran yang masuk ke Hungaria secara ilegal.

Sementara itu di hari yang sama dengan penolakan Hungaria, pemerintah Denmark menyatakan bahwa mereka tidak berpartisipasi dalam rencana pembagian kuota 160 ribu pencari suaka di Eropa yang diusulkan Presiden Komisi Eropa, Jean-Claude Juncker.

Krisis pengungsi asal Timur Tengah dan Afrika kini menjadi permasalahn serius bagi negara-negara Eropa dalam 1 bulan terakhir, setelah gelombang pengungsi Suriah menyerbu pantai-pantai Yunani dan Italia. (Dostor/Ram)