Inggris Akan Bawa Kasus Bom Barel Suriah Ke Pengadilan Kriminal Internasional

menlu inggrisEramuslim – Menteri Luar Negeri Inggris, Philip Hammond, menyatakan bahwa negaranya akan membawa kasus penggunaan bom barel terhadap warga Suriah kepada pengadilan kriminal internasional di kota Den Haag, Belanda.

Pernyataan ini diungkapkan Menlu Philip Hammond paska melihat rekaman video milik tentara Assad yang menunjukan bagaimana bom barel pemerintah menghantam kawasan penduduk sipil Suriah.

Dalam pernyataannya di depan wartawan pada hari Rabu (20/05) kemarin, Philip Hammond mengatakan, “Assad telah berdusta dengan mengatakan bahwa dirinya melarang penggunaan senjata tersebut di Suriah.”

Menlu Inggris menambahkan, “Video ini mengungkapkan kebohongan Assad mengenai kejahatan perang pasukannya, yang tanpa pandang bulu menjatuhkan bom perusak tersebut ke daerah tempat tinggal warga sipil.”

“Kami berjanji akan membawa mereka yang terlibat dalam tindakan kejam seperti ini ke pengadilan internasional di Den Haag,” ujar Philip Hammond dihadapan wartawan.

Menurut catatan data yang dihimpun organisasi Amnesty International menyatakan bahwa sedikitnya 3000 warga sipil di provinsi Aleppo tewas akibat bom barel yang dijatuhkan tentara Suriah sepanjang tahun 2014. (Alarabiya/Ram)