Pesawat Militer Aljazair Jatuh, 77 Orang Tewas Dan Satu Orang Selamat Dari Kecelakaan

hercules c 130Sebuah pesawat militer milik angkatan bersenjata Al Jazair dilaporkan jatuh di kawasan pegunungan Al Alam di provinsi Oum el Bouaghi (450 km timur Aljazair), pada Selasa (11/02) waktu setempat.

Radio resmi pemerintah mengatakan pesawat jatuh akibat cuaca buruk dan menewaskan 99 orang di dalamnya, sementara stasiun televisi An Nahar menyatakan bahwa korban tewas mencapai 103 orang.

Sementara Kementerian Pertahanan mengumumkan secara resmi bahwa 77 orang penumpang pesawat, termasuk 4 orang awak pesawat tewas dalam kecelakaan tersebut.

Sumber medis mengatakan bahwa satu orang yang selamat dari kecelakaan tersebut, kini sedang dalam perawatan intensif.

Surat kabar al Watan Aljazair menyatakan bahwa pesawat berjenis Hercules C – 130 lepas landas dari kota Tamanrasset sebelah selatan Aljazair, pesawat tersebut membawa penumpang lebih 70 orang yang terdiri dari personel militer dan anggota keluarga mereka, termasuk 4 orang awak pesawat.

Pihak berwenang Aljazair memprediksi bahwa angin kencang dan salju menyebabkan jatuhnya pesawat, pesawat tersebut dalam perjalanan dari gurun garrison di Kota Tamanrasset dan jatuh di pegunungan Djebel Fertas di wilayah Oum El Bouaghi.

Presiden Aljazair Abdelaziz Bouteflika mengumumkan masa berkabung nasional selama 3 hari yang di mulai hari Rabu (12/02) ini. (Skynewsarabia/Ram)