Persiapan Merebut Crimea, Ukraina Gelar Latihan Perang Bersama AS Dan Inggris

ukraina prajuritDi tengah ketegangan antara Ukraina-Rusia mengenai semenanjung Crimea, Dewan Menteri Pertahanan dan Keamanan Nasional Ukraina, Andriy Paroba, mengumumkan pada hari Rabu (19/03) kemarin mengenai rencana latihan militer bersama dengan Amerika Serikat dan Inggris.

Seperti dikutip Sky News Inggris, Andriy Paroba, mengatakan “kami akan melakukan latihan bersama dengan negara-negara yang menandatangani nota Budapest pada tahun 1994,“ tanpa mau mengungkapkan rincian lebih lanjut.

Memorandum tersebut ditandatangani oleh Inggris dan Amerika Serikat dan Rusia untuk memastikan integritas teritorial Ukraina. Ukraina menuduh Rusia telah melanggar perjanjian tersebut dengan mengambil alih Crimea.

Nota Budapest 1994 adalah jaminan akan kedaulatan wilayah Ukraina dari segala ancaman yang mungkin akan diterima Ukraina. Jaminan tersebut adalah bagian penting dalam proses negosiasi pelucutan senjata nuklir yang telah dimulai sejak runtuhnya Uni Soviet pada 1990-an.

Sementara itu Departemen Pertahanan Inggris belum mau berkomentar mengenai pengumuman latihan militer bersama yang disampaikan oleh Dewan Menteri Pertahanan dan Keamanan Nasional Ukraina, Andriy Paroba. (Rassd/Ram)