Perompak Somalia Kembali Tebar Ancaman Di Teluk Aden Yaman

SOMALIA-PUNTLAND-HARBORUntuk pertama kalinya sejak tahun 2012 perompak Somalia kembali berhasil membajak sebuah kapal dagang di Laut Merah dan membawanya ke selatan menuju wilayah perairan Somalia pada Sabtu (18/01) kemarin.

Sekretaris Jenderal Federasi Kenya Maritim, Andrew Mwangura, mengatakan kepada Reuters  bahwa “kapal Merzouqa mengirimkan sinyal bahaya dari Laut Merah pada Sabtu (19/01), kemudian menuju kembali ke Teluk Aden di perairan Yaman.”

Mwangura menambahkan dari pelabuhan Mombasa di Kenya “kami sedang berusaha untuk melacak kapal tersebut dan melihat tuntutan mereka .”

Para pelaut di atas kapal berasal dari India , Mesir , Suriah , dan kini diculik oleh geng perompak Somalia yang terdiri dari 8 atau 9 bajak laut.

Tercatat sepanjang tahun 2013 lalu, perompak bajak laut Somalia tidak berhasil melakukan upaya mereka setelah kekuatan angkatan laut internasional melakukan patroli intensif di kawasan teluk Aden.

Gejolak keamanan dan politik di dalam negeri menyebabkan pemerintah Somalia tidak dapat berbuat banyak mencegah aksi pembajakan kapal laut di wilayah perairan mereka. (Skynewsarabia/Ram)