AS Jual Ratusan Rudal PAC-3 Kepada Saudi

Rudal PAC-3Eramuslim – Departemen Luar Negeri Amerika Serikat menyatakan bahwa pemerintah Gedung Putih setuju untuk menjual sistem rudal PAC-3 kepada Kerajaan Arab Saudi, dalam rangka meningkatkan pertahanan udara negara sekutu di kawasan Timur Tengah.

Dalam pernyataan Departemen Luar Negeri AS pada hari Minggu (09/08) kemarin menyatakan, “Pemerintah telah menyetujui pembelian sebanyak 800 rudal PAC-3 beserta peralatan penunjanganya senilai 5,4 miliar dolar AS oleh Kerajaan Arab Saudi.”

Departemen Luar Negeri menekankan bahwa kebijakan penjualan ini hanya tinggal menunggu persetujuan dari anggota Kongres AS, sebelum dapat mengirimkan ratusan rudal tersebut ke wilayah kawasan.

Sementara itu analis geo-politik dan militer Uni Emirat Arab, Theodore Karasik, dalam keterangannya di situs “defensnews” menyatakan, “Penjualan PAC-3 rudal yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pertahanan rudal dari Arab Saudi bukan hanya diperuntukan untuk melawan pemberontak Houthi. Akan tetapi untuk menanggapi ancaman pendek dan menengah Syiah Iran yang menjadi musuh bagi Kerajaan.” (Rassd/Ram)