Peringati Hari Nasional, Pakistan Terbangkan Drone Militer Buatan Dalam Negeri

drone buraq-pakistanEramuslim – Militer Pakistan mengklaim berhasil menerbangkan Drone Buraq, pesawat tanpa awak pertama yang diproduksi secara lokal, dalam parade militer yang diselenggarakan untuk memperingati Hari Nasional pada hari Senin 23 Maret 2015.

Rekaman televisi menunjukan Perdana Menteri Nawaz Sharif, Presiden Memnon Hussein, dan Panglima tentara Pakistan, Jenderal Rahil Sharif, ikut menonton penerbangan perdana drone buatan dalam negeri.

Seorang pejabat militer Pakistan menyatakan bahwa Drone tersebut akan menjadi elemen kunci dalam memerangi kelompok-kelompok bersenjata, terutama Taliban.

Perlu dicatat bahwa ini adalah perayaan pertama Hari Nasional Pakistan dalam tujuh tahun terakhir, setelah pada tahun 2008 pemerintah memutuskan untuk menagguhkan perayaan Hari Nasional karena khawatir mendapat serangan dari Taliban.

Selain drone Buraq, parade militer juga menampilkan senjata-senjata terbaru milik militer Pakistan, termasuk rudal penjelajah yang mampu membawa hulu ledak nuklir. (Skynewsarabia/Ram)