Perangi Umat Islam, Syiah Teheran Siap Kirimkan Pasukan Ke Irak

garda revolusi Syiah iranEramuslim – Seorang pejabat senior Iran mengungkapkan bahwa negaranya siap membantu pemerintah Baghdad untuk merebut kembali kota Ramadi dari mujahidin Negara Islam, sebagai bentuk kerjasama keamanan dan militer kedua negara.

Dalam pernyataannya penasihat Pemimpin Tertinggi Iran, Ali Akbar Velayati, di ibukota Beirut hari Senin (18/05) kemarin mengatakan, “Jika pemerintah Irak secara resmi meminta bantuan, maka pemerintah Iran siap memenuhi panggilan tersebut.”

Senada dengan Ali Akbar Velayati, jubir Perdana Menteri Irak, Said Haditsi, dalam wawancaranya dengan Sky News Arab mengatakan bahwa pemerintah Baghdad membuka pintu seluas-luasnya bagi negara yang ingin membantu pemerintah Irak dalam memerangi Negara Islam.

Perlu diketahui bahwa Iran dan milisi Syiahnya berperan penting dalam merebut kota Tikrit dalam operasi militer yang digelar pemerintah Irak pada awal Maret lalu.

Tercatat komandan pasukan Brigade al-Quds yang menjadi tulang punggung pasukan Garda Revolusi Syiah Iran, Jenderal Qassem Sulaimani, memimpin langsung operasi militer di kota Tikrit pada awal pekan Maret lalu. (Almasryalyoum/Ram)