Perangi Negara Islam Di Libya, Organisasi Liga Arab Umumkan Pembentukan Pasukan Arab Bersama

ISISEramuslim – Selasa 18 Agustus 2015, Organisasi Liga Arab mengumumkan pembentukan pembentukan pasukan Arab bersama, dalam rangka memerangi kemunculan Organisasi Negara Islam di Libya.

Dalam keterangan di ibukota Kairo, Mesir, Sekretaris Jenderal Liga Arab Nabil Elaraby menyatakan bahwa pengumuman resmi pembentukan pasukan tersebut akan dilakukan pada 27 Agustus mendatang.

Sekjena Nabil Elaraby menjelaskan bahwa pasukan Arab bersama ini nantinya akan bertugas untuk membantu Libya dalam mengatasi teror yang dilakukan oleh milisi Negara Islam, tanpa mau menjelaskan kelompok Libya mana yang akan diajak kerjasama.

Perlu diketahui bahwa konflik di Libya membagi negara tersebut dalam 3 kelompok besar pasca penggulingan Saddam Hussein pada 2011 lalu. Mereka adalah kelompok Islamis yang berhasil menguasai Parlemen pada pemilu bulan Juli tahun 2012 lalu, atau yang dikenal dengan nama GNC (General National Congress)

Kelompok kedua adalah golongan sekuler yang menyerukan pemberontakan melawan pemerintahan GNC di kota Benghazi. Kelompok ini dikomandoi langsung oleh mantan Mayjen Khalifa Haftar yang mengklaim bahwa dirinya adalah Sisinya Libya.

Sedangkan kelompok ketiga adalah Organisasi Negara Islam yang mulai muncul pada akhir tahun 2014 lalu, sebagai bentuk perlawanan atas kedua kelompok di atas. (Rassd/Ram)